Blogging, Aplikasi, Software, Android, Tutorial ada disini!

Saturday, January 29, 2011

Tips n Triks : Menambah Kapasitas Memori (RAM) dengan Flashdisk

2:40:00 AM Posted by Blogger[dot]Blogspot No comments


RAM (Random Access Memory) adalah memori eksternal dalam komponen primer yang merupakan ruang untuk menyimpan program atau data yang dapat ditulis dan dibaca oleh processor pada sebuah komputer. RAM bertindak sebagai media penyimpan sementara, karena terpengaruh oleh keadaan aliran listrik. Jika aliran listrik terputus secara otomatis, maka data yang tersimpan akan hilang. Semakin besar/kecil kapasitas RAM akan mempengaruhi cepat atau lambatnya proses suatu program tersebut. Dan ini adalah cara untuk menambah kapasitas RAM dengan menggunakan flashdisk dalam artian kita akan merubah flashdisk menjadi RAM. Berikut adalah lagkah-langkahnya :
Pertama-tama anda harus mendownload software e-booster (download e-booster3) terlebih dahulu, lalu instal-kan di PC/Laptop anda. Setelah penginstalan selesai, siapkan flashdisk (terpasang), lalu buka program e-booster : control panel-nya. Atur bahasa dengan memilih menu Option >> Language >> Bahasa Indonesia, supaya lebih di mengerti. Dan seperti inilah tampilannya :




Lalu untuk menambah perangkat cache caranya dengan klik Tambah, sehingga muncul tampilan Menambah Cache Pada Perangkat, seperti dibawah ini!








Pilih Perangkat : Flashdisk anda {SUNBZ (I:\)}, dan atur Ukuran Cache sesuai dengan yang anda inginkan. Misalnya, flashdisk berkapasitas 4 GB, bisa anda gunakan 2 GB (2048 MB) untuk ukuran cachenya sehingga sisanya bisa anda gunakan sebagai penyimpan data anda. Lalu klik OK.




Tunggu hingga pengalokasian file cache selesai.
Jika selesai akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, lalu klik Ya saja.




Lalu tunggu hingga Status Sistem-nya : Aktif. Selesai!!!!!




Begitulah kira-kira cara menambah kapasitas RAM dengan menggunakan flashdisk, anda juga bisa menambahkan perangkat yang lain (selain flashdisk) untuk dijadikan cache.


0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda
Terima kasih telah berkunjung...