Blogging, Aplikasi, Software, Android, Tutorial ada disini!

Saturday, April 23, 2011

Mengoptimalkan Windows 7 dengan ReadyBoost

2:45:00 AM Posted by Blogger[dot]Blogspot No comments
ReadyBoost, sebenaranya sudah lama diperkenalkan. Namun masyaraat IT khususnya di Indonesia masih sedikit yang mengetahui fasilitas atau fitur ini. Readyboost di Windows 7 secara umum sama saja dan kegunaannyapun reltif sama.





Salah satu fitur yang cukup lumayan baik, baik di Windows Vista maupun WIndows 7 adalah fasilitas ReadyBoost. Readyboost adalah fitur untuk meningkatkan performa komputer dengan memanfaatkan USB Flash disk, SD card ataupun memory card. Sebagai contoh, USB FlashDisk yang digunakan di Laptop saya adalah Kingstone 4 GB. Memang tidak semua jenis Flashdisk bisa digunakan.







Dengan teknologi ReadyBoost komputer mampu menyediakan cache memory sebagai perluasan RAM komputer untuk meningkatkan kinerja Windows 7 atau bisa juga bagi pengguna Windows Vista. Seperti kita ketahui, sistem operasi khususnya keluarga Microsoft Windows mempunyai jalur cepat untuk mengakses resources dari memori dibandingkan lewat hard disk.





Untuk menggunakan fitur tersebut Anda siapkan Flashdisk, kemudian format dengan NTFS. Caranya tentu saja dengan memasukkan saja USB Flash disk atau memory card dengan kapasitas minimal 1GB, mendukung standar USB 2.0 serta harus kompatibel dengan ReadyBoost. Kemudian, sistem akan memberikan pilihan apakah USB Flash disk tersebut akan digunakan untuk media penyimpanan atau untuk ReadyBoost. Di sini Anda pilih untuk ReadyBoost. Pilihlah menu ‘Use this device’ dan tentukan kapasitas memorinya.





Anda juga bisa menggunakan fasilitas ini dengan cara klik kanan di USB Flashdisk Anda, kemudian pilih Properties, dan klik Readyboost. Setelah itu klik Dedicated this device to Readyboost. Dan klik Apply atau klik OK. Setelah itu Anda akan melihat Faslhdisk Anda akan berwarna merah,seolah penuh. Kemudian Anda klik USB Anda, maka akan terlihat file bernama ReadyBoost.(Source:sumber)

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda
Terima kasih telah berkunjung...