Blogging, Aplikasi, Software, Android, Tutorial ada disini!

Wednesday, January 26, 2011

Artikel Virus Komputer

5:35:00 PM Posted by Blogger[dot]Blogspot No comments
Virus yang pertama kali muncul di dunia ini bernama (Elk Cloner) lahir kira-kira tahun 1981 di TEXAS A&M. Menyebar melalui disket Apple II yang ada operating systemnya. Sang perusak ini mendisplay pesan di layar : “It will get on all your disks-It will infiltrate your chips–yes it is Cloner!-It will stick to you like glue-It will modify RAM too-send in the Cloner!”.


Nama “Virus” itu sendiiri baru dibeberkan setelah 2 tahun kelahirannya oleh Len Adleman pada 3 November 1983 dalam sebuah seminar yang membahas cara membuat virus and memproteksi diri dari virus. Tapi orang-orangorang sering menganggap bahwa virus yang pertama kali muncul adalah virus [Brain] yang justru lahir tahun 1986. Wajar saja, soalnya virus ini yang paling menggemparkan dan paling meluas penyebarannya karena menjalar melalui disket DOS yang waktu itu lagi ngetrend. Lahirnya juga bersamaan dengan (PC-Write Trojan) dan (Vindent).


Mulai saat itu, `virus mulai menguasai dunia. Perkembangannya mengerikan dan menakutkan ! berselang satu tahun muncul virus pertama yang menginfeksi file. Biasanya yang diserang adalah file yang berekstensi *.exe Virus ini bernama (suriv) termasuk dalam golongan virus “jerussalem”. Kecepatan penyebarannya cukup ‘menggetarkan hati’ untuk saat itu. Tapi virus ini tidak terlalu jahat soalnya virus ini menghantam dan menghajar mainframe-nya IBM tidak lama-lama, hanya setahun.


Tahun 1988, muncul serangan BESAR terhadap Machintosh oleh virus (MacMag) dan (scores) dan jaringan Internet dihajar habis-habisan oleh virus buatan Robert Morris. Tahun 1989 ada orang iseng yang ngirim file “AIDS information program” dan celakanya, begitu file ini dibuka, yang didapat bukannya info tentang AIDS, tapi virus yang mengenskrypsi harddisk dan meminta bayaran untuk kode pembukanya.


Sejak saat itu, penyebaran virus sudah tidak terhitung lagi. Akan tetapi dampak yang ditimbulkan tidak terlalu besar. Baru tahun 1995 muncul serangan besar-besaran. Tidak tanggung-tanggung, mereka menyerang perusahaan-perusahaan besar diantaranya Griffith Air Force Base, Korean Atomic Research Institute, NASA, IBM dan masih banyak PERUSAHAAN RAKSASA lain yang dianiaya oleh “INTERNET LIBERATION FRONT” di hari ~Thanksgiving~. Karena keberanian dan kedahsyatan serangan itu, tahun 1995 dijuluki sebagai tahunnya para Hacker dan Cracker.


Para Cracker memang tidak pernah puas. Setiap muncul sistem operasi atau program baru, mereka sudah siap dengan virus barunya. Yang sering mengetik dengan MS Word mungkin pernah nemuin virus Titassic. Ini virus lokal asli Indonesia dan uniknya, virus ini mengingatkan kita buat sholat tepat pada waktunya. Tapi jangan salah, virus macro yang punya judul (concept) ini juga bisa berhati jahat dan ganas. Soalnya si alim yang jahat ini bakalan ngemusnahin 80% file-file data dan program korbannya.


Nah, seiring dengan perkembangan teknologi, muncul virus pertama yang

mengkombinasi virus macro dan worm. Namanya cukup manis [Melissa]. Tapi ngga’

semanis namanya, virus ini bakalan menyebar ke orang lain lewat E-Mail and yang

paling menyakitkan, ia bakalan nyebar ke semua alamat E-Mail yang ada di address

book-mu. Dan saat ini muncul jutaan virus yang bergentayangan ngga’ karuan di alam
Internet.


Apa sebenarnya virus itu ? “.


Virus adalah program komputer yang dapat menduplikasikan dirinya dan menginfeksi komputer tanpa permisi atau tanpa sepengetahuan pengguna. Istilah “Virus” juga biasanya digunakan untuk menggambarkan beberapa type virus lainnya seperti  malware, adware dan spyware yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan duplikasi layaknya sebuah virus.


Virus dapat dengan cepat menyebar dari komputer yang satu ke komputer lainnya ketika virus tersebut di tempatkan dalam komputer korban, hal itu dapat terjadi karena secara tidak langsung pengguna mengirimkan program virus tersebut melalui jaringan atau internet, atau melalui beberapa perangkat komputer lainnya seperti floppy disk, CD, DVD atau USB.


Virus dapat meningkatkan kesempatannya dalam melakukan penyebaran ke komputer lain dengan menginfeksikan file pada jaringan sistem file yang dikirimkan melalui komputer lain.


Istilah “Virus” terkadang digunakan pula untuk menyebutkan beberapa tipe malware. Malware dapat digolongkan pula sebagai program virus, termasuk worm, trojan horses, most rookits, spyware, dishonest adware, crimeware, dan beberapa program berbahaya lainnya. Secara teknis virus memiliki pengertian yang berbeda dengan worm dan Trojan Horses.


Worm dapat memanfaatkan keamanan komputer yang rentang untuk menyebarkan dirinya ke komputer lain, sedangkan trojan adalah program yang tampak tidak berbahaya tetapi ternyata memiliki jadwal berbahaya yang sengaja disembunyikan oleh sang pembuat trojan tersebut.


Worm dan Trojans layaknya seperti virus yang berbahaya untuk komputer yang dapat mengganggu beberapa fungsi pada saat program tersebut di jalankan.


Saat ini sudah Banyak komputer yang terhubung dengan internet dan jaringan lokal, dan dengan begitu maka banyak pembuat virus yang mengambil keuntungan untuk menyebarkan virus melalui layanan jaringan seperti World Wide Web, E-mail, Instant Messaging dan sistem sharing dalam proses penyebarannya.




0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda
Terima kasih telah berkunjung...