Posted by : Blogger[dot]Blogspot Wednesday, January 26, 2011



Cara untuk melakukan perawatan dan membersihkan peripheral (komponen) pada komputer, disarankan harus dengan cara dan prosedur yang tepat, karena peripheral yang satu dengan peripheral yang lain mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda, sehingga setiap komponen memiliki urutan atau cara masing-masing dalam melakukan perawatan dan membersihkan komponen tersebut.
Cara merawat atau membersihkan komponen PC adalah sebagai berikut :
1.      Perawatan Casing
Casing/Box/Kotak diibaratkan sebuah contoh bangunan atau tempat menyimpan semua komponen peripheral untuk kebutuhan dan kelengkapan komputer. Dengan demikian, penampilan casing pun perlu perawatan atau dibersihkan agar penampilan casing kelihatan indah dan bersih, ibarat rumah bersih dan rapih.
      Sebuah casing komputer terdiri dari : Power Supply, Fan, Led Indikator, Sakelar, Tombol Power, dan Tombol Reset.
      Casing komputer perlu dibersihkan secara rutin, keindahan secara rutin, keindahan dan keberhasilannya. Hal ini untuk menghindari gangguan atau kotoran yang disebabkan oleh debu, kotoran binatang dan lain-lain yang dapat masalah pada komponen komputer seperti : Motherboard, VGA Card, Sound Card, Modem, Fan dan lain-lain.
Alat-alat yang digunakan untuk membersihkan casing komputer : kuas, kain, tisu, kemoceng dan vacum cleaner. Cara membersihkan bagian dalam casing adalah dengan membuka tutup casing, lalu bersihkan pada bagian motherboard, fan, dan sebagainya dengan peralatan yang telah disediakan, sedangkan untuk bagian luar anda cukup membersihkan dengan kais kemoceng.


2.      Perawatan CD-ROM
Sesuai dengan perkembangan komputer saat ini, setiap anda membeli sebuah PC (Personal Computer) pasti dilengkapi dengan CD-ROM yang hanya dapat membaca, CD-R/W yang dapat membaca dan ditulis atau DVD. Kegunaan CD-ROM, CD-R/W atau DVD bukan hanya untuk mendengarkan musik (multimedia) saja, juga dapat digunakan untuk keperluan menyimpan data, dan keperluan instalasi. CD-ROM dapat dibedakan menurut kecepatannya, yaitu mulai dari kecepatan 8x, 16x, 24x, 32x, 40x,48x, 52x, 60x. Semakin tinggi kecepatannya, akan semakin mahal pula harga jualnya.
Cara membersihkan CD-ROM/CD-RW/DVD adalah sebagai berikut :
1.      Hidupkan komputer
2.      Tuangkan cairan cleaner ke CD Cleaner
3.      Masukkan CD Cleaner ke dalam CD Drive
4.      Tunggu beberapa saat, sampai proses cleaner selesai


3.      Perawatan Harddisk
Harddisk merupakan device dari sebuah PC dan merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah komputer, karena harddisk berfungsi sebagai alat media untuk menyimpan data, seperti : sistem operasi, program dan basis data dan harddisk termasuk ke dalam memory eksternal.
Prinsip kinerja harddisk “semakin cepat berputar, semakin cepat pula kinerjanya”. Karena kecepatan harddisk dapat di lihat dari satuan kecepatan putar piringan data per-menit yang dinyatakan dalam satuan rpm, semakin tinggi rpm-nya makin cepat data yang ditransfernya. Contoh satuan kecepatan harddisk ada yang 5400 rpm, 7200 rpm, dan seterusnya.
Cara merawat harddisk adalah sebagai berikut :
1.      Gunakan software, dengan melakukan, scandisk, defragmentasi atau melakukan low level format.
2.      Untuk mengurangi panas, gunakan kipas pendingin (Cooler) pada harddisk.
3.      Matikan komputer dengan prosedur yang benar, artinya jangan sembarangan mematikan komputer.
4.      Hindari dari debu.
5.      Lakukan pengecekan secara rutin.


4.      Perawatan VGA Card
VGA Card kepanjangannya adalah (Video Graphics Array) atau (Video Graphics Adapter) atau dapat disebut juga dengan Display Adapter, yaitu sebuah peralatan atau komponen komputer yang berfungsi untuk mengolah output grafik pada layar monitor. Cara memasang VGA Card harus sesuai dengan slot yang ada pada motherboard, misalnya jenis AGP harus di pasang pada slot AGP yaitu slot berwarana cokelat, dan yang berjenis PCI dipasang pada slot PCI yaitu slot berwarna putih. Setiap jenis slot AGP dan VGA Card mempunyai tegangan yang berbeda. Biasanya permasalahan yang sering terjadi yaitu panas yang berlebihan.
Cara merawat VGA Card adalah sebagai berikut :
1.      VGA Card harus sering dibersihkan dari debu atau kotoran dengan kuas atau dengan peraalatan lain.
2.      Fan harus sering dibersihkan dari debu atau kotoran dengan kuas kecil atau sedang.
3.      Kencangkan kedudukan Fan, jika fan tersebut longgar.


5.      Perawatan Memori
RAM (Random Access Memory) adalah memori eksternal dan komponen primer yang merupakan ruang untuk menyimpan program atau data yang dapat ditulis dan dibaca oleh processor pada sebuah komputer. RAM bertindak sebagai media penyimpan sementara, karena terpengaruh oleh keadaan aliran listrik. Jika aliran listrik terputus secara otomatis, maka data yang tersimpan akan hilang. Semakin besar/kecil kapasitas RAM akan mempengaruhi cepat atau lambatnya proses program tersebut. Jenis-jenis RAM di antaranya : EDORAM, SDRAM, DDR, dan RDRAM.
Cara merawat RAM yaitu seperti dibawah ini :
1.      Jangan sering bongkar pasang RAM karena dapat menimbulkan korosi dan rusak.
2.      Jangan sering menyentuh kaki-kaki/PIN yang terletak di bagian bawah RAM, karena dapat menyebabkan kerusakan akibat listrik statis.
3.      Bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih.
4.      Bersihkan dengan menggunakan karen penghapus.
5.      Periksa dan kencangkan kedudukan RAM agar dapat bekerja dengan maksimal.


6.      Perawatan Power Supply
Power supply berfungsi mengubah arus AC menjadi arus DC untuk didistribusikan ke berbagai macam komponen pada komputer. Daya satuan power supply mulai dari kapasitas : 150 watt, 300 watt, 400 watt dan 500 watt. Disarankan pilih dan beli power supply yang berkualitas atau dengan harga yang pantas, semakin bagus dan stabil kinerjanya.
Cara merawat power supply adalah sebagai berikut :
1.      Pasang stabilizer pada PC, untuk mengurangi kinerja power supply dan mencegah panas yang berlebihan yang dikeluarkan oleh power supply.
2.      Perhatikan kelancaran putaran fan, jika fan putarannya kurang bagus akan menimbulkan panas yang berlebihan.
3.      Bersihkan dari debu atau kotoran yang berada di dalam power supply.
4.      Jangan terlalu dekat memasang power supply dengan ventilasi udara, karena dapat menyebabkan suhu yang ada disekitar casing akan menimbulkan kelembapan dan dapat merusak komponen menjadi berkarat.


7.      Perawatan CPU/Processor (Central Processing Unit)
CPU atau processor adalah chip atau sering dikenal dengan sebutan Mikrosprocessor, dan CPU merupakan otak dari komputer. Kecepatan processor tergantung dari kecepatannya, satuan ukuran processor yaitu Megahertz (Mhz), bahkan sekarang sudah mencapai GigaHertz (GHz), mulai dari 1 GHz, 2 GHz, 2.4 GHz, 2.6 GHz bahkan mencapai 3.04 GHz. Semakin besar ukurannya akan semakin cepat prosesnya. Merek-merek processor di antaranya : intel, Amd, Cyrix, IBM, Athlon, Duron, Via dan lain-lain.
Cara merawat CPU (processor) adalah seperti dbawah ini :
1.      Perhatikan letak dari Fan, pasang pada posisi yang benar agar udara dapat berputar dengan lancar.
2.      Usahakan fan processor dengan putaran yang lebih tinggi, misal : 5400 rpm atau diatasnya.
3.      Usahakan heatsink menggunakan penghantar yang tebuat dari tembaga atau aluminium.
4.      Usahakan sebelum dipasang, oleskan silicon grease di bagian belakang processor agar penghantar panas lebih lancar.


8.      Perawatan Motherboard
Motherboard merupakan tempat atau induk dari semua komponen komputer seperti : Processor, VGA Card, Modem, Sound Card, Lan Card, FDD, Kabel IDE dan sebagainya yang digunakan untuk meghubungkan antara komponen satu dengan komponen yang lain dan tergantung dengan jenis Chipset yang dipasang. Di dalam motherboard terdapat banyak jalur data (Bus) yang menghubungkan dari processor ke memori, dari chipset ke konektor harddisk dan lain-lain.
Cara perawatan motherboard yaitu sebagai berikut :
1.      Bersihkan dengan kuas atau penyedot debu.
2.      Menjaga suhu
3.      Rapikan jalur-jalur kabel dengan cara mengikat agar sirkulasi udara dapat berjalan lancar.


9.      Perawatan Printer
Printer adalah alat yang dipergunakan untuk menghasilkan cetakan berupa tulisan (teks), gambar melalui kertas ataupun film.
Cara merawat printer adalah sebagai berikut :
1.      Bersihkan bagian luar printer dari debu atau kotoran dengan menggunakan kain kering, tisu, cairan pembersih, air dan sebagainya.
2.      Hindari printer dari sinar matahari langsung, dan hindari printer dari tempat yang tidak tetap suhu dan kelembapannya.
3.      Jangan mengocok cartidge tinta, dapat menyebabkan kebocoran tinta pada cartidge.
4.      Jangan menyentuh IC Chip pada cartidge, karena dapat menyebabkan kerusakan pada cartidge.
5.      Jangan memasukkan benda asing ke dalam printer.
6.      Jangan kena tumpahan cairan ke dalam printer.
7.      Letakkan printer pada tempat yang datar serta ventilasi yang cukup.
8.      Jangan mematikan printer apabila proses pengisian tinta sedang berlangsung.

Leave a Reply

Tinggalkan komentar anda
Terima kasih telah berkunjung...

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Copyright © Blogger[dot]Blogspot