Blogging, Aplikasi, Software, Android, Tutorial ada disini!

Tuesday, February 8, 2011

Tutorial Photoshop : Manipulasi Photo Menjadi Poster

1:03:00 AM Posted by Blogger[dot]Blogspot No comments


Berikut ini adalah cara untuk memanipulasi photo, photo yang menjadi poster intinya nanti, hanya dengan beberapa langkah sederhana tapi nanti hasilnya menjadi poster yang berkelas. Inilah langkah-langkahnya :

1. Buka photo yang ingin di jadikan poster, lalu aktifkan auto levels dengan menekan Ctrl + Shift + L.

2. Copy-kan layer Background dengan menekan Ctrl+J, ganti Blending Mode-nya menjadi Overlay.

3. Lalu pastikan warna foreground hitam dan warna background putih, kemudian Tambahkan Layer Mask.




4. Kemudian aktifkan Gradient Tool (G) dan pastikan tipe gradasinya Linear Gradient dan warna gradasi Foreground to Background seperti dibawah ini kira-kira.





5. Setelah itu tarik gradasi dari atas gambar ke bawah, sehingga hasil masking-nya seperti dibawah ini :





6. Lalu aktifkan Layer Background kembali, dan copy-kan dengan menekan Ctrl+J, ganti Blending Mode-nya menjadi Hard Light, tambahkan Layer Mask lagi dan tarik gradasi dari bawah ke atas gambar.





7. Ilustrasi pertama selesai, dan hal menarik pada poster adalah teks, oleh karena itu sekarang kita buat teks pada gambar tersebut secara tepat biar terlihat indah, pertama-tama aktifkan layer paling atas, lalu tukarkan warna foreground menjadi putih dengan menekan tombol (X) pada keyboard.



8. Lalu aktifkan Horizontal Type Tool (T), dan klik di gambar untuk mengetikkan teks yang diinginkan. Sebagai contoh disini (BATOSAY CLUB) dengan menggunakan font Century Gothic, atur ukuran teks memakai Move Tool (V) dan pastikan Show Transfrom Controls terceklis.





9. Setelah selesai, buat layer baru (Ctrl+shift+N) diatas layer teks, lalu seleksi dengan menggunakan Rectangular Marquee Tool (M) seperti gambar dibawah ini.





10. Kemudian pilih menu Edit >> Stroke, dan pada tampilan jendela stroke, aturlah ketebalan garis (width: 7 px) dan warnanya (color : putih), lalu OK. Setelah itu nonaktifkan seleksi dengan menekan Ctrl+D. Dan jadilah gambarnya seperti di bawah ini :





11. Kemudian kita tambahkan lagi teks yang diinginkan, sebagai contoh (at the pameungpeuk) dengan font Lucida Sans di atas teks yang tadi, aktifkan kembali Horizontal Type Tool (T) kemudian ketikkan teks dan atur ukuran dan tempatnya. Setelah selesai, aktifkan layer dibawahnya dan seleksi sepanjang teks tersebut dengan Rectangular Marquee Tool (M) lalu tekan tombol Delete. Dan nonaktifkan seleksi dengan menekan Ctrl+D.





Untuk selanjutnya silahkan anda tambahkan teks-teks lain sesuai dengan keinginan anda. Dan sebagai contoh beginilah hasil akhirnya.





Gimana?? Menarik kan? Selamat mencoba,.,.

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda
Terima kasih telah berkunjung...